5 Fakta Mengejutkan Mengenai Kota Tanpa Negara, Cherán


Pada kesempatan kali ini bersekolah.com ingin membagikan ulasan faktual mengenai beberapa fakta mengejutkan "Kota Tanpa Negara" yaitu  Cherán, kami merangkumnya menjadi 5 (lima) fakta yang terjadi di kota tersebut yang mungkin kita belum pernah mendengarnya.

Selayang Pandang

San Francisco Cherán adalah kota tempat bermukimnya masyarakat asli Purépecha. Terletak di negara bagian Michoacán, Meksiko, kota ini dihuni oleh 14.245 jiwa. Kegiatan ekonomi utama adalah pertanian, peternakan dan produksi kayu yang memanfaatkan sekitar 27.000 hektare hutan.
Dibalik fakta tersebut, ternyata Cherán memiliki fakta-fakta mengejutkan, berikut kami merangkumnya menjadi "5 Fakta Mengejutkan Mengenai Kota Tanpa Negara, Cherán."

  • Tidak Ada Konsep Negara

Hingga kini, Cherán masih menjadi kota otonom yang mampu menjalankan kehidupan sosial politiknya tanpa campur tangan pemerintah.

  • Merdeka dengan dimotori oleh para wanita

Perlawanan yang dilakukan masyarakat cheran terjadi pada tanggal 15 April 2011, aksi massa tersebut dimotori oleh para wanita. Pada awalnya Elvira dan juga para wanita lain menemui para penebang kayu di dalam hutan cheran. Namun, para penebang itu justru memaki-maki mereka hingga mencoba untuk membunuh Elvira dan yang lainnya.

  • Tidak ada Polisi

Selain membentuk pemerintahan yang otonom, penduduk Cherán juga merancang Ronda Comunitaria (sebuah milisi yang terdiri dari pria dan wanita lokal), untuk menggantikan peran aparat. Nantinya, milisi ini akan selalu berjaga di pos pemeriksaan bersenjata di 3 jalan utama yang menuju ke pemukiman untuk menghalang pembalasan penebang kayu dan kartel obat bius.

  • Kota dengan Tingkat Kriminalitas Terendah

Masyarakat Cheran membangun sistem pemerintahan baru tanpa walikota, merancang dewan kota, hingga membentuk milisi sipil untuk menggantikan polisi. Hasilnya: Cherán menjadi salah satu kota dengan tingkat kriminalitas terendah di Meksiko. Sebab keberhasilan itu, pemerintah Meksiko akhirnya mempersilakan Cheran untuk membuat hukum sendiri yang tidak ada dalam konstitusi Meksiko. Salah satu di antaranya: larangan iklan partai politik.
Pilihan untuk menjadi otonom membuat tingkat kejahatan di Cherán telah menurun drastis dibanding negara bagian Michoacan lainnya. Tidak ada rekaman pembunuhan, penculikan atau penghilangan yang tercatat di kota tersebut selama setahun terakhir sejak mereka mendeklarasikan kemerdekaannya.
Jika pun ada kejahatan, sebagian besar hanya pelanggaran kecil, seperti penyalahgunaan alkohol. Bagi mereka yang dianggap telah berbuat onar, dewan kota akan memberikan hukuman berupa denda hingga pekerjaan pelayanan masyarakat, ditahan selama beberapa malam di balik jeruji besi. Sementara pengacara federal hanya dipanggil dalam kasus kejahatan serius yang amat jarang terjadi.

  • Tidak ada Narkoba, Korupsi, serta Penebangan Hutan Liar

Selain memberantas paktek kartel narkoba, dan juga korupsi, para penduduk di Cherán jugatelah menanam kembali pepohonan di lahan sekira 3.000 hektare. Aturan baru pun ditegakkan: setiap orang yang ingin menebang pohon harus mendapat izin dari pemerintah setempat, dan undang-undang tersebut diberlakukan dengan ketat. Sebelumnya diperkirakan lebih dari 17.000 hektar hutan sebelumnya dirusak oleh para penebang liar.

Demikianlah ulasan mengenai 5 Fakta Mengejutkan Mengenai Kota Tanpa Negara, Cherán, semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua.

Salam Hangat,
bersekolah.com | PORTAL INFORMASI PENDIDIKAN

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Portal Informasi Pendidikan

0 Response to "5 Fakta Mengejutkan Mengenai Kota Tanpa Negara, Cherán"

Posting Komentar