Fakta-Fakta seputar Bidikmisi yang Perlu Kamu Ketahui


Pada kesempatan kali ini, bersekolah.com akan memaparkan sebuah ulasan lengkap mengenai 'Fakta-Fakta seputar Bidikmisi yang Perlu Kamu Ketahui'

Selain jalur SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri yang umumnya sudah kamu ketahui untuk masuk ke perguruan tinggi negeri, ada satu lagi jalur yang bisa dicoba, yaitu jalur Bidikmisi. Namun, jalur ini hanya diperuntukkan bagi para siswa yang kurang mampu secara finansial. Jika siswa mendaftar melalui jalur Bidikmisi, maka pendaftaran dan tes masuknya akan dibebaskan dari biaya apa pun. Berikut kami paparkan fakta-fakta seputar seleksi Bidikmisi, yuk disimak!

1.    Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online
Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online agar bisa diakses oleh siswa-siswa di seluruh Indonesia. Dengan sistem pendaftaran yang demikian, diharapkan tidak ada lagi diskriminasi atau kesulitan akses bagi para siswa di luar daerah atau kota besar yang hendak mendaftar perguruan tinggi negeri melalui jalur ini.

2.    Bidikmisi diperuntukkan bagi siswa yang kurang mampu
Bidikmisi diperuntukkan khusus bagi siswa-siswa yang kurang mampu secara finansial. Setelah masa pendaftaran, pihak perguruan tinggi negeri pun akan melakukan wawancara dan verifikasi data, seperti mendatangi rumah siswa yang mendaftar. Oleh sebab itu, prestasi akademik bukanlah hal utama yang dilihat sebagai penilaian di jalur ini. Akan tetapi, ketika nanti berkuliah, mereka yang diterima melalui jalur ini tetap harus memenuhi IP minimal yang telah disepakati.

3.    Penerima Bidikmisi harus memiliki IP yang konsisten, aktif di kampus, dan lulus tepat waktu
Selama berkuliah, penerima Bidikmisi akan diawasi oleh pihak perguruan tinggi negeri. Mereka harus mendapatkan IP yang konsisten di setiap semester, setidaknya memenuhi IP minimal yang telah ditetapkan. Sebab, jika tidak memenuhi IP tersebut, mereka bisa dikenai Surat Peringatan (SP), bahkan ada kemungkinan beasiswanya akan dicabut. Selain itu, para penerima Bidikmisi pun harus aktif dalam kegiatan kampus, seperti ikut dalam organisasi, kepanitiaan, atau lomba.

Terakhir, para penerima Bidikmisi harus lulus tepat waktu atau empat tahun. Jika masa kuliah mereka melebihi waktu itu, maka mereka harus mencari beasiswa lain untuk memenuhi biaya kuliah dan kebutuhan hidup.

4.    Penerima Bidikmisi akan menerima uang saku tiap semester
Mahasiswa yang menerima beasiswa Bidikmisi akan mendapatkan uang saku per semester. Uang tersebut berasal dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) yang dikirimkan ke setiap perguruan tinggi, lalu pihak kampus akan menyalurkannya ke mahasiswa penerima Bidikmisi. Uang saku itu akan digunakan untuk membayar biaya kuliah dan kebutuhan hidup sehari-hari. Umumnya, biaya kuliah akan langsung dipotong oleh pihak perguruan tinggi dan sisanya diberikan kepada mahasiswa.

Besarnya uang saku yang diberikan ini berbeda-beda untuk setiap perguruan tinggi. Jumlahnya akan menyesuaikan dengan biaya hidup daerah setempat atau sesuai dengan aturan keuangan perguruan tinggi terkait.

Jalur Bidikmisi ini patut dicoba jika kamu kurang mampu secara finansial dan ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Yuk jangan sia-siakan kesempatan yang ada!


Salam Hangat,
bersekolah.com
PORTAL INFORMASI PENDIDIKAN

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Portal Informasi Pendidikan

0 Response to "Fakta-Fakta seputar Bidikmisi yang Perlu Kamu Ketahui"

Posting Komentar