Peran E-Comic Sebagai Media Pembelajaran Inovatif


Berbicara perihal pendidikan, tentu tidak akan pernah terlepas dari yang namanya media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran akan segaris lurus dengan tingkat motivasi yang akan dimiliki siswa. Berbagai cara dapat dilakukan untuk menumbuhkan semangat belajar siswa, salah satunya dengan membuat kegiatan pembelajaran yang lebih menarik dan inovatif sehingga mendorong siswa untuk dapat belajar secara optimal. Usaha untuk mencapai pembelajaran yang menarik dan inovatif, satu diantaranya yaitu dengan menggunakan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar (Yuliandari, 2014: 2). Hal tersebut selaras dengan pendapat Hamdani, (2011: 244) selain membangkitkan motivasi dan minat siswa, media pembelajaran juga dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman, menyajikan data dengan mearik dan terpercaya, memudahkan penafsiran data, dan mendapatkan informasi.

Menurut Gagne (dalam Sadiman, 2014: 6) menyatakan bahwa media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar. Sementara itu Briggs (dalam Sadiman, 2014: 6) menyatakan bahwa media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar.Hal tersebut selaras dengan pendapat yang dikemukakan oleh Arsyad, (2014: 4) apabila media itu membawa pesan-pesan atau informasi yang bertujuan intruksional atau mengandung maksud-maksud pengajaran maka media itu disebut media pembelajaran.

Salah satu media pembelajaran yang menarik bagi siswa yaitu komik. Komik merupakan sejumlah gambar-gambar yang dirangkai menjadi suatu cerita (Simanullang,2011: 671). Dari hasil penelitian yang pernah dilakukan, diketahui bahwa komik telah memberikan pengaruh positif terahadap minat baca remaja di Amerika (Sudjana & Rivai, 2007: 65).

Seiring dengan perkembangan zaman, komik tidak hanya dalam bentuk cetak saja. Teknologi yang berkembang begitu pesat menjadikan media digital sebagai media baru untuk menghasilkan dan menyebarluaskan komik dalam bentuk komik digital(e-comic). Kebiasaan membaca komik dalam format buku yang dicetak dengan ukuran yang nyata dan terbatas, kini hilang ketika  memanfaatkan dunia maya yang lebih luas dan tidak terbatas. Selain memiliki fungsi menghibur, komik juga bisa dijadikan media pembelajaran yang dapat memberikan informasi kepada para pembacanya. Komik digital (e-comic) memberikan manfaat dalam proses pembelajaran, karena komik dapat menggugah perhatian siswa, selain itu komik juga menyajikan tampilan visual yang lebih dinamis dan juga memberikan ilustrasi yang lebih mudah dipahami oleh siswa.

Demikianlah ulasan mengenai Peran E-Comic Sebagai Media Pembelajaran Inovatif, semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua.

Salam Hangat,
bersekolah.com
PORTAL INFORMASI PENDIDIKAN

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Portal Informasi Pendidikan

0 Response to "Peran E-Comic Sebagai Media Pembelajaran Inovatif"

Posting Komentar